Mural Keren Hiasi Jembatan Kahayan Palangkaraya

detikTravel Community -  

Libur tahun baru ke Palangkaraya, traveler jangan sampai melewatkan kesempatan berkunjung ke Jembatan Kahayan. Di sana ada mural keren untuk foto-foto asyik.

Berkunjung ke Kota Palangkaraya, jangan lupa narsis di salah satu sudut Jembatan Kahayan. Salah satunya adalah lukisan pada dinding tengah oprit jembatan, dimana lukisan mural dengan motif Kasiak Tumbun dan Balian Dadas.

Mural ini menggambarkan kejantanan dan keperkasaan, hal ini dapat dilihat dari sosok seorang lelaki yang diberi judul Kasiak Tumbun (keganasan Naga). Pada sisi yang sama terlihat sosok wanita Penari Dadas. 'Balian Dadas' merupakan simbol kefeminiman.

Dahulu kala Tarian Dadas (Balian Dadas) merupakan ritual pengobatan atau penyembuhan yang dilakukan oleh seorang wanita. Namun pada era sekarang, tarian ini sudah dikemas sedemikian rupa dan bisa digunakan untuk tarian penyambutan tamu atau acara pernikahan.

Jadi arti dari lukisan ini adalah simbol kebahagiaan dan juga keterbukaan Suku Dayak dalam menerima siapa saja yang datang dengan tangan terbuka dan ketulusan. Sejalan dangan falsafah 'Huma Betang',yang arti nya dimana bumi diinjak disitu langit dijunjung.

Di satu sisi Lukisan Mural dengan Motif Ornamen Dayak Kalimantan Tengah ini juga bertujuan untuk memberikan kesan artistik yang kuat dan mendalam tentang bagaimana budaya lokal kita yaitu Budaya Dayak Kalimantan Tengah yang menarik ini.

Melalui media lukisan seperti di Kalimantan Tengah ini, marilah kita bersama-sama membuka ruang apresiasi setinggi-tingginya agar selalu menghargai dan menjaga, serta semoga memberi kesan positif untuk kemajuan seni budaya Indonesia yang kaya seperti di Provinsi Kalimantan Tengah ini.

0 Response to "Mural Keren Hiasi Jembatan Kahayan Palangkaraya"

Posting Komentar