Basarnas Siagakan Pasukan, Awasi Wisatawan di Pantai Selatan Trenggalek

Trenggalek - Badan SAR Nasional (Basarnas) Trenggalek melakukan apel siaga di kawasan wisata pantai selatan. Ini untuk mengantisipasi kecelakaan laut saat libur tahun baru.

Basarnas bersama tim SAR gabungan melakukan siaga wisata di kawasan wisata pantai selatan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut saat libur tahun baru.

Kepala Pos Basarnas Trenggalek, Afando Okta Bahar mengatakan, selain Basarnas, pihaknya juga mendapat dukungan langsung sari tim rescue TNI AL, Polisi Air dan nelayan.

"Untuk jumlah personil dari Basarnas yang siaga di pantai selatan ada empat orang, sedangkan yang lainnya standby di kantor. Sebetulnya ini adalah kegiatan rutin, tapi intensitasnya kami tingkatkan," imbuh Afando kepada detikTravel, Minggu (1/1/2017).

Tim SAR menemui wisatawan (Adhar/detikTravel)Foto: Tim SAR menemui wisatawan (Adhar/detikTravel)

Fando menjelaskan, selain personil SAR, pihaknya juga menyiagakan satu unit kapal khusus yang digunakan untuk patroli laut maupun proses evakuasi.

Dijelaskan, pada musim libur tahun baru ini, kawasan pesisir selatan Trenggalek dan sekitarnya dikunjungi oleh puluhan ribu wisatawan dari berbagai saerah di Jawa Timur. Tingginya jumlah pengunjung tersebut juga menambah risiko terjadinya kecelakaan atau musibah di pantai.

"Tim SAR siaga 24 jam penuh, kami mengimbau setiap pengunjung wisata pantai untuk meningkatkan kewaspadaan, karena saat ini cuaca dan gelombang laut relatif tinggi," ujarnya.

Ramainya wisatawan di Trenggalek (Adhar/detikTravel)Foto: Ramainya wisatawan di Trenggalek (Adhar/detikTravel)

Lebih lanjut Kepala Pos Basarnas Trenggalek ini menambahkan, beberapa pantai yang perlu diwaspadai antara lain Pantai Prigi, Pantai Cengkrong, Pantai Blado, Pantai Konang dan Pantai Pelang.

"Lebih baik, wisatawan tidak mandi atau bermain terlalu ke tengah, karena risikonya sangat tinggi. Untuk yang gemar berfoto, perhatikan juga kondisi ombak," imbaunya.

Afando mengaku, kesiapsiagaan tim Basarnas Trenggalek tidak hanya dilakukan untuk wilayah Trenggalek, namun juga sejumlah wilayah, seperti Pacitan, Tulungagung, hingga pantai di pesisir Blitar.

"Ketika ada musibah laut, maka tim kami langsung meluncur, wilayah pengawasan Pos Basarnas Trenggalek ini cukup luas," pungkasnya.

 Wisatawan ini memadati kawasan pesisir selatan Trenggalek (Adhar/detikTravel)Foto: Wisatawan ini memadati kawasan pesisir selatan Trenggalek (Adhar/detikTravel)

Sementara itu dari pantauan detikTravel, pengunjung mulai memadati sejumlah obyek wisata pantai di pesisir selatan Trenggalek sejak Sabtu (31/12/2016) pagi kemarin. Tingginya jumlah wisatawan diprediksi masih akan terjadi hingga Senin besok.

"Tadi sempat keliling ke Cengkrong, Prigi dan Pasir Putih, semuanya ramai, tapi yang paling banyak di Pantai Pasir Putih, penuh," kata salah seorang wisatawan bernama Ikhwan. (wsw/wsw)

0 Response to "Basarnas Siagakan Pasukan, Awasi Wisatawan di Pantai Selatan Trenggalek"

Posting Komentar