Sembalun, One Stop Destination Lombok

Sembalun - Jika traveler pergi ke Lombok pasti mengincar pantai juga gilinya yang cantik. Tapi jangan lupa bila di sana ada dataran tingginya yang patut dikunjungi.

Dihimpun detikTravel, Jumat (3/11/2017), destinasi yang dimaksud adalah kawasan Sembalun. Terletak di Lombok Timur yang juga berbatas dengan Lombok Utara, dataran tinggi ini memang cocok untuk dijadikan Weekend Getaway traveler.

Ada banyak hal yang bisa traveler lakukan di sana. Pertama, traveler bisa mengunjungi Pusuk Sembalun, tempat yang cukup tinggi dan pasti berhawa sejuk cenderung dingin.

Saat cuaca cerah, traveler bisa melihat area perkampungan Sembalun yang berada di lereng Gunung Rinjani juga Kabupaten Lombok Timur dari titik ini. Biasanya akan banyak muda mudi hingga yang sudah berkeluarga singgah ke tempat ini dari pagi hingga menjelang malam hanya untuk menikmati segelas kopi maupun jajanan dari PKL yang ada.

Perkampungan SembalunPerkampungan Sembalun (Masaul/detikTravel)

Kedua, saat musim panen strowberi tiba, traveler bisa langsung memetiknya dari kebun para petani Sembalun. Kawasan ini pula yang menjadi tempat pemasok sayuran untuk Kota Mataram dan sekitarnya.

Ketiga, di Sembalun sudah banyak hotel melati atau pun penginapan yang cocok disinggahi untuk berakhir pekan. Traveler bisa memilih tempat yang cocok dan sesuai kantong untuk menikmati pagi yang amat cantik dengan berlatar pemandangan Gunung Rinjani.

Suasana Desa SembalunSuasana Desa Sembalun (dok. Kemendes PDT)

Keempat, wisata budaya juga sejarah. Sembalun memiliki dua desa yang amat tua, yakni Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung. Warga dua desa inilah yang membangun peradaban di lereng Gunung Rinjani.

Peninggalannya di sana ada rumah asli dan masih terjaga hingga sekarang. Traveler bisa menemukan rumah asli satu komplek berisi 7 rumah yang berada di Sembalun Lawang, tepatnya di Dusun Belek.

Naik Rinjani juga bisaNaik Rinjani juga bisa (Masaul Khoiri/detikTravel)

Kelima, mendaki Bukit Pergasingan. Bukit ini menjadi favorit traveler yang datang ke Sembalun jika tidak ingin mendaki Gunung Rinjani.

Apa yang akan Anda dapat adalah pemandangan cantik berlatar Gunung Rinjani saat pagi tiba. Selain itu, persawahan di kawasan Desa Sembalun Lawang juga menjadi daya tarik tersendiri. Pasti nggak terlupakan kalau traveler mencobanya. (rdy/aff)

0 Response to "Sembalun, One Stop Destination Lombok"

Posting Komentar