Pulau Lengkuas Punya Mercusuar Semegah Ini

detikTravel Community - Pulau Lengkuas di Belitung tidak hanya punya pantai yang cantik. Di sini juga ada mercusuar nan megah yang punya daya tarik lain. Yuk, intip!

Pulau Lengkuas merupakan salah satu tujuan utama para pelancong yang berkunjung ke Belitung. Selain menikmati indahnya pantai dan pulaunya, mercusuar di pulau lengkuas juga menjadi daya tarik tersendiri.

Mercusuar tua ini dibangun pada jaman pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1882. Berwarna putih, mercusuar ini memiliki tinggi 18 lantai. Mercusuar ini masih kokoh dan berfungsi dengan baik sebagai penuntun kapal yang keluar masuk Pulau Belitung. Saat ini mercusuar ini dikelola oleh Departemen Perhubungan di bawah Dirjen Perhubungan Laut.

Meskipun saat ini sudah ada larangan untuk naik mercusuar, siapapun yang pernah merasakan naik ke atas mercusuar ini akan tersihir oleh indahnya pemandangan dari atas mercusuar. Normalnya, dibutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke puncak.

Dari setiap lantai terdapat jendela untuk kita bisa melihat pemandangan. Yang menarik adalah arah pandang jendela di tiap lantainya. Pada lantai hitungan ganjil seperti 1,3,5 dan seterusnya, jendela mercusuar menghadap timur dan utara. Sedangkan untuk hitungan genap jendela menghadap barat dan selatan.

Birunya laut, gugusan pulau dan bebatuan yang tersebar di sekitar Pulau Lengkuas terlihat sejauh mata memandang setelah menaiki tangga yang cukup melelahkan. Hembusan angin yang cukup kenyang menyambut kita di atas mercusuar.

Sungguh menakjubkan lukisan Yang Maha Kuasa di Pulau Belitung ini.

0 Response to "Pulau Lengkuas Punya Mercusuar Semegah Ini"

Posting Komentar