Berburu Senja Sambil Menunggu Berbuka di Baba Boen Tjit Palembang

detikTravel Community -

Bulan puasa identik banget dengan tradisi ngabuburit. Dalam Bahasa Sunda, burit berarti sore. Jadi ngabuburit dapat diartikan dengan menanti waktu sore. Saat Ramadan, ngabuburit bermakna menanti magrib atau menanti waktu berbuka puasa.

Ngabuburit dianggap penting agar rasa lapar dan haus tidak begitu terasa, terutama buat anak-anak yang baru belajar berpuasa. Banyak cara umat muslim mengisi waktu menanti berbuka, seperti tadarusan di masjid, berburu makanan untuk berbuka atau mencari tempat-tempat baru yang instagramable.
.
Nah, ngomongin tempat ngabuburit yang instagramable, di Palembang ada sebuah destinasi digital yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Rumah Baba Boen Tjit (RBT), milik seorang saudagar asal Tionghoa yang sangat terkenal pada masanya. Destinasi digital adalah sebuah destinasi yang memiliki banyak spot foto yang instagenic dan dipopulerkan melalui media digital oleh generasi milenial.

RBT yang berada di tepi Sungai Musi, 3-4 Ulu Palembang, diperkirakan telah berusia 300 tahun. Kini rumah ini dihuni oleh Budiman, keturunan keenam Baba Boen Tjit dan seorang mualaf.

Destinasi ini dikelola oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sumatera Selatan, sebuah komunitas bentukan Kemenpar yang secara sukarela mempopulerkan atraksi dan destinasi wisata di wilayahnya melalui media online. Setiap Hari Minggu selama Bulan Ramadan ini, GenPI Sumsel menawarkan paket buka bersama di RBT.

Menariknya, untuk menuju ke rumah ini, pengunjung diajak menggunakan getek, kapal kecil bermesin tempel, membelah Sungai Musi. Pengunjung dapat naik kapal dari Dermaga Benteng Kuto Besak dengan tarif Rp 5000 sekali jalan. Naik getek akan memberikan pengalaman tersendiri, karena sepanjang perjalanan kita dapat melihat aktifitas penduduk yang hidup di tepian Sungai Musi, melihat Jembatan Ampera dari kejauhan dan merasakan kapal meluncur di permukaan sungai yang hanya beriak kecil.

Selain memiliki spot-spot foto yang instagenic, RBT merupakan salah satu tempat yang cantik untuk menanti matahari kembali ke peraduannya setelah seharian berperan menerangi. Buat kalian pemburu spot foto dan senja, cocok banget untuk ngabuburit di sini.

1 Response to "Berburu Senja Sambil Menunggu Berbuka di Baba Boen Tjit Palembang"

  1. What is the difference between the casino and the poker rooms
    Poker rooms generally offer one 안산 출장안마 or more players a chance 목포 출장마사지 to wager 광주광역 출장마사지 $1 안성 출장안마 on poker every day at any time. A player's comps are paid per 고양 출장안마 $1

    BalasHapus