Kuil Babi Hutan dan Mitos Sakit Kaki di Kyoto

Kyoto - Jepang memang punya banyak kuil menarik untuk dijelajahi, salah satunya Go'o Shrine. Kuil bertema babi hutan ini punya mitos untuk menyembuhkan sakit kaki.

Berada di sisi barat Imperial Palace di Kyoto, Kuil Go'o menjadi tempat menarik untuk didatangi. Kuil ini terletak lima menit di utara Stasiun Subway Marutamachi di Jalan Karasuma di seberang pintu masuk pengunjung Istana Kerajaan.

Kuil Go'o memiliki cerita menarik di balik semua ornamen babi hutannya, seperti yang dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (30/5/2018).

Menurut cerita, pada tahun 769, ada seorang pendeta Buddha yang bernama Yuke no Dokyo. Pendeta ini tidak disukai rakyat karena berusaha untuk mengambil tahta kekaisaran Lord Kiyomaro yang saat itu sedang bertahta.

Kuil ini punya mitos penyembuhan cedera kaki (daisenji.lodge.ing_kyoto/Instagram)Kuil ini punya mitos penyembuhan cedera kaki (daisenji.lodge.ing_kyoto/Instagram) Foto: (Instagram)

Pendeta Buddha tersebut akhirnya mengasingkan Lord Kiyomaro ke dalam hutan, yang kini menjadi Prefektur Oita. Pada saat diasingkan, kaki Lord Kiyomaro dilukai oleh sang pendeta.

Melarikan diri dengan kaki yang terluka, sungguh membuat Lord Kiyomaro tersiksa. Dengan ajaib, tiba-tiba saja Lord Kiyomaro dilindungi oleh 300 babi hutan dan lukanya sembuh secara total.

Kemudian dibangunlah Kuil Go'o yang didedikasikan untuk menghormati babi hutan. Masyarakat sekitar percaya cedera kaki atau sakit yang berada di kaki akan sembuh setelah berkunjung ke kuil ini.

Penjaga kuil berupa sepasang babi hutan dibangun di depan kuil. Patunng ini didirikan juga sebai simbol dari otodoksi negara baru pada tahun 1886 setelah Restorasi Meiji membuat kesetiaan kepada Kaisar.

Begitu masuk ke dalam kuil, akan ada ratusan gambar babi hutan di tiap sudut kuil. Patung dan pajangan babi hutan pun diletakkan di tiap sudut kawasan kuil.

Didalam kuil juga terdapat blok batu berukir kaki. Menurut cerita inilah gambaran kaki Lord Kiyomaro yang saat itu cedera dan sembuh. Blok batu ini dipercaya dapat menyembuhkan cedera kaki.

Selain ramai oleh pengunjung yang ingin sembuh dari cedera kaki. Kuil ini juga biasa digunakan sebagai tempat pernikahan. (sym/sym)

0 Response to "Kuil Babi Hutan dan Mitos Sakit Kaki di Kyoto"

Posting Komentar