Nama Besar Bung Hatta Berawal dari Rumah Ini

Bukittinggi - Akhir pekan ini, kamu yang ingin mengenal sosok Bung Hatta, datang saja ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Di sana ada rumah dimana Bung Hatta dilahirkan dan tumbuh.

Bung Hatta merupakan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Minangkabau. Jika traveler ingin melihat bagaimana kediaman Bung Hatta, foto-foto semenjak dia kecil sampai dewasa, datang saja ke Bukittinggi.

detikTravel berkesempatan datang dan melihat langsung kediaman tokoh proklamator ini. Destinasi sejarah ini berada di Jalan Soekarno Hatta no 37, Bukittinggi, Sumatera Barat. Rumah dua tingkat ini dikelola oleh Pemerintah Bukittinggi.

"Rumah Bung Hatta ini telah ada semenjak tahun 1860 dan direnovasi oleh Pemerintah Bukittinggi yang bekerjasama dengan Universitas Bung Hatta," jelas Roni Chaniago (43) penjaga Rumah Bung Hatta kepada detikTravel, Kamis (8/2/2018).

Ruang tamu di Rumah Bung Hatta (Syanti/detikTravel)Ruang tamu di Rumah Bung Hatta (Syanti/detikTravel)

Sebelum memasuki Rumah Bung Hatta, traveler akan melihat ruangan yang selalu digunakan Bung Hatta untuk membaca. Di dalam ruangan ini terdapat kasur, serta beberapa foto Bung Hatta.

Memasuki ruang tamu yang cukup luas, akan terlihat beberapa bangku dan meja yang biasa dulunya digunakan untuk menyambut tamu yang datang. Di dinding-dinding juga terpampang foto-foto Bung Hatta bersama keluarganya. Juga ada foto Mamak dan Ibunya.

Kamar paman Bung Hatta (Syanti/detikTravel)Kamar paman Bung Hatta (Syanti/detikTravel)

Menjelajahi dua lantai kediaman Bung Hatta, traveler akan menemukan kamar Mamak (paman) dan kakeknya Bung Hatta. Kamarnya masih lengkap dengan kasur, selimut, bantal, dan lemari dan beberapa foto di masa lampau.

Memasuki bagian belakang, terdapat kamar Bung Hatta semasa bujang yang berada di sebelah dapur. Di kamar Bung Hatta traveler bisa melihat sepeda yang dulunya dipakai Bung Hatta. Di bagian dapur, terdapat beberapa periuk yang berjajar rapi di perapian.

Peralatan dapur di Rumah Bung Hatta (Syanti/detikTravel)Peralatan dapur di Rumah Bung Hatta (Syanti/detikTravel)

Periuk ini masih asli dan dulunya memang digunakan keluarga Bung Hatta. Juga ada kandang kuda yang tidak jauh dari dapur. Kesederhanaan Bung Hatta memang patut untuk diteladani. (sym/wsw)

0 Response to "Nama Besar Bung Hatta Berawal dari Rumah Ini"

Posting Komentar