Ketika Nenek-nenek Pergi Sekolah di Thailand

Ayutthaya - Liburan ke Ayutthaya, Thailand, jangan cuma melihat candi. Traveler bisa melihat keunikan masyarakatnya yang punya sekolah khusus untuk para lansia.

Biasanya sekolah berisi para siswa yang memang usia pelajar. Namun apa jadinya jika sekolah berisi nenek-nenek lansia?

Dilansir detikTravel dari Reuters, Sabtu (12/5/2018) ternyata sekolah untuk lansia ini adalah salah satu program pemerintah untuk kesejahteraan para lansia. Ini adalah cara untuk mengusir kesepian yang dialami para lansia yang hidup sendiri.

Lansia menuju sekolah dengan bus (Athit Perawongmetha/Reuters)Lansia menuju sekolah dengan bus (Athit Perawongmetha/Reuters) Foto: undefined

Sekolah di Ayutthaya ini berada di Chiang Rak Noi, 80 Km dan berada di sebelah utara Bangkok. Sekolah ini menawarkan kelas mingguan selama tiga bulan dengan beragam kegiatan.

Sama seperti anak sekolah pada umumnya, nenek-nenek yang pergi sekolah juga memiliki seragam. Mereka bangun pagi, menunggu bus jemputan, bertemu sesama usianya dan belajar bersama.

Mereka belajar tari tradisional di sekolah (Athit Perawongmetha/Reuters)Mereka belajar tari tradisional di sekolah (Athit Perawongmetha/Reuters) Foto: undefined

Di sekolah mereka tertawa, belajar hal-hal baru, dan juga ada kegiatan menari. Mereka juga melaksanakan senam pagi dan upacara bendera.

Para lansia mengaku bahagia karena dengan adanya sekolah ini mereka tidak kesepian dan menemukan teman mengobrol. Serta di sekolah mereka bisa belajar hal-hal baru.

(Athit Perawongmetha/Reuters)(Athit Perawongmetha/Reuters) Foto: undefined

Rata-rata lansia yang mengikuti program ini berumur di atas 60 tahun. Mereka adalah para janda, hidup sendirian, dan jauh dari anak-anak mereka. Dengan adanya sekolah ini mereka bisa bersosialisasi sekaligus mengurangi tekanan hidup sendiri.

Jadi kalau kamu traveling di Ayutthaya dan melihat nenek-nenek berseragam, siapa tahu mereka dari sekolah unik itu. Menuntut ilmu memang tidak mengenal umur.

(sym/fay)

0 Response to "Ketika Nenek-nenek Pergi Sekolah di Thailand"

Posting Komentar