Atas undangan Emirates, detikTravel melancong ke Dubai dalam acara 'Indonesia Media Fam Trip' bersama rombongan media dari Jakarta dari tanggal 20 sampai 23 November 2016. Senin (21/11/2016) kemarin, agendanya adalah mampir ke Emirates Aviation College Crew Training di Al Rebat Street, Dubai.
Robert Hartono Wibowo, selaku Leadership Training Specialist Cabin Crew Training menyambut kedatangan kami. Robert, sudah 18 tahun menjadi karyawan di Maskapai Emirates. Sebelum menjabat posisinya sekarang, dulunya dia merupakan awak kabin selama belasan tahun. Ketika ditanya apa yang bisa membuat awak kabin tersenyum, dia pun menjawab seperti ini.
Foto: undefined
Robert Hartono Wibowo, yang menemani awak media selama di Emirates Aviation College Crew Training (Afif/detikTravel) |
"Bagi saya begitu keluar setelah selesai penerbangan, melihat penumpang keluar dan menghampiri lantas berucap, 'thank you, really good flight', itu sudah bisa membuat saya tersenyum dan puas," ujarnya kepada awak media.
Baginya, mungkin hal tersebut sangat simpel alias sederhana. Namun rupanya, ada nilai besar dari hal sesederhana itu.
"Itu artinya penumpang enjoy. Artinya, mereka senang dengan service yang kita (awak kabin) berikan," tegas Robert.
Robert menjelaskan, menjadi awak kabin adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Dengan menjadi awak kabin, maka akan mendapat kesempatan terbang ke berbagai destinasi di dunia. Itu enaknya, tapi harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk penumpang adalah tantangannya.
"Nasihat buat awak kabin yang baru, kita sudah dibayar, terbang ke berbagai tempat dan dikasih hotel ini itu yang nyaman. Susahnya kita tidak bisa emosi kepada penumpang, karena hospitality nomor satu. Jadi, jangan lihat enaknya saja," pungkas Robert yang kini tinggal di Dubai. (bnl/bnl)
0 Response to "Hal Kecil yang Membuat Pramugari & Pramugara Bahagia"
Posting Komentar