Tangan-tangan Koki Indonesia di Emirates

Dubai - Jika terbang ke Indonesia, ternyata maskapai Emirates menyediakan kuliner nusantara. Dibaliknya, ada 2 koki Indonesia yang berperan memasak makanan.

Atas undangan Emirates, detikTravel melancong ke Dubai dalam acara 'Indonesia Media Fam Trip' bersama rombongan media Jakarta dari tanggal 20 sampai 23 November 2016. Selasa (22/11/2016) kemarin, agendanya adalah mampir ke EKFC alias Emirates Flight Catering yang gedungnya masuk ke dalam wilayah Bandara Dubai.

Awak media diajak berkeliling, melihat bagaimana makanan di dalam maskapai Emirates diolah. Tersaji lengkap, dari pasokan makanan yang disiapkan, makanan yang sedang dimasak, sampai pembersihan alat-alat makan.

Satu momen yang dinanti, adalah saat bertemu dengan dua koki asal Indonesia. Mereka adalah Hendry Febrian selaku Senior Cook, Hot Kitchen dan Reza Willy, Cook, Hot Kitchen.

"Saya baru satu tahun di sini. Kuliah di Universitas Sahid dan sebelumnya sempat di hotel sampai di Abu Dhabi juga. Di sini saya memasak makanan Indonesia," kata Hendry membuka perbincangan.

Hendry bertugas untuk menyiapkan makanan Indonesia (Afif/detikTravel)Hendry bertugas untuk menyiapkan makanan Indonesia (Afif/detikTravel)
Hendry dan Reza tampak sumringah bertemu awak media dari Jakarta. Mereka pun menjawab berbagai pertanyaan, serta menjelaskan apa saja pekerjaan sehari-harinya di EKFC ini.

"Makanan yang kita masak di sini seperti nasi goreng dan rendang. Mungkin next bisa bikin opor ayam juga," ujar Hendry.

Hendry menjelaskan, bersama Reza dirinya tergabung dalam tim Asia Section. Artinya bukan hanya memasak makanan Indonesia, tapi mereka juga bisa memasak makanan Asia.

Suasana di Emirates Flight Catering (Afif/detikTravel)Suasana di Emirates Flight Catering (Afif/detikTravel)
Sedangkan Reza, adalah lulusan STP Bandung. Dia menjelaskan, tugas koki di sana hanyalah memasak, sedangkan pengemasan ada bagiannya sendiri.

"Kita hanya menjaga kualitas dan cita rasa. Lalu setelah itu, ada tim sendiri untuk packing makanannya dan mengantar ke pesawat. Bulan lalu kita cetak rekor, masak nasi goreng 50 kilogram sehari," kata pria berkacamata tersebut.

Roti tengah disiapkan untuk penumpang pesawat (Afif/detikTravel)Roti tengah disiapkan untuk penumpang pesawat (Afif/detikTravel)
Dari raut wajahnya, mereka berdua tampak senang bekerja di EKFC ini. Pertanyaaan terakhir nih, mungkin kamu juga penasaran, berapa lama sih jam kerja koki Emirates sehari?

"Kita 9 jam kerja sehari dengan 1 jam istirahat. Dalam seminggu 6 hari masuk, 1 hari libur," tutup Hendry. (rdy/rdy)

0 Response to "Tangan-tangan Koki Indonesia di Emirates"

Posting Komentar